Sinar Matahari Pagi Baik Untuk Bayi

Sinar matahari pagi sangat baik bagi kesehatan. Sinar matahari pagi pun dipercaya mampu memberikan efek kesehatan alami untuk tubuh. Salah satunya adalah untuk menurunkan kadar bilirubin yang terlalu tinggi yang sering terjadi pada bayi baru lahir. Bayi yang memiliki bilirubin tinggi, akan tampak kuning pada kulit atau mata.

Beberapa manfaat yang bisa di dapatkan dari kegiatan menjemur bayi pada pagi hari, antara lain adalah:

  1. Mengeluarkan lendir

Sinar matahari bermanfaat memberi kehangatan pada tubuh bayi, juga mampu memicu keluarnya lendir dari tenggorokan bayi. Sehingga suara nafas bayi yang terkadang seperti ngorok, dapat berkurang. Terutama bagi bayi yang berpotensi memiliki gangguan alergi.

  1. Memecah bilirubin

Adakalanya bayi baru lahir terlihat kuning pada kulit atau matanya. Ini adalah bilirubin. Fungsi bayi baru lahir belum optimal, sehingga mengakibatkan kadar bilirubin yang dihasilkan dalam darahnya terlalu tinggi. Spectrum sinar biru pada sinar matahari pagi dapat membantu memecah bilirubin dalam darah sehingga kadar bilirubin kembali normal. Dan pada akhirnya efek kuning pada bayi dapat menghilang.

  1. Menguatkan tulang

Sinar matahari pagi merangsang pembentukan Vitamin D. Vitamin D berfungsi sebagai pembuka kalsium agar mudah terserap dalam aliran darah, sampai akhirnya menyatu di dalam tulang. Hal ini mampu membuat tulang bayi lebih sehat dan kuat.

  1. Meningkatkan bonding

Kegiatan menjemur bayi di sinar matahari dapat meningkatkan kontak antara ibu dan buah hatinya. Menghirup udara pagi hari yang segar di luar rumah juga bisa membuat bayi lebih sehat juga memberikan suasana rileks bagi ibu dan bayi. Sinar matahari pagi juga berkhasiat untuk melepaskan hormon endorphin atau yang biasa disebut dengan hormone anti-depresi dalam tubuh. Sehingga, bayi yang cukup mendapatkan sinar matahari pagi dapat terhindari dari stress maupun kejenuhan.

Waktu yang baik untuk menjemur bayi yaitu antara jam 07.00-08.00 selama sekitar 15 menit. Bolak-balikkan tubuh bayi sehingga bukan hanya bagian dada saja yang disinari matahari, namun juga bagian punggungnya. Sebelumnya, kamu dapat melepaskan baju bayi dan sisakan popoknya saja. Duduklah sambil menggendong bayi, atau mendekap bayi sambil berdiri. Pilih posisi senyaman mungkin. Dari uraian diatas, kita jadi makin tahu bahwa proses menjemur bayi merupakan hal yang sangat penting dan menyehatkan bagi pertumbuhannya. Selamat menjemur buah hatimu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *