Kantung Teh Bekas? Jangan Dibuang!

Menikmati minuman hangat seperti air teh, bisa jadi rutinitas keseharianmu setiap pagi. Teh bermanfaat banyak bagi tubuh. Lalu, yang mungkin belum kamu tahu adalah tentang kantung teh bekas. Benar bukan? Setiap selesai minum teh, kantung teh selalu kamu buang ke tempat sampah? (Hihihi, sama dong, dulu juga aku begitu)

 

Nah, yukkk kita bahas seputar kantung teh bekas dan segudang manfaatnya. Apa saja kira-kira?

  1. Mengatasi mata bengkak

Kurang tidur atau habis menangis, tak jarang membuat mata mu terlihat membengkak. Cobalah atasi hal ini dengan memanfaatkan kantong teh bekas. Karena ternyata, kantung teh bekas mampu mengempiskan bengkak pada mata lhoo.

 

Caranya: Masukkan kantong teh bekas ke dalam lemari pendingin selama beberapa jam, lalu kompres area bawah mata yang bengkak dengan kantong teh yang telah dingin tersebut.

 

  1. Mengurangi bau tak sedap pada lemari pendingin

Caranya: Letakkan kantung teh celup bekas di dalam lemari pendingin yang ada di rumah mu. Dengan sendirinya bau tak sedap akan diserap oleh kantung teh dan bau menjadi berkurang.

 

  1. Facial

Suka facial, bisa gunakan kantong teh bekas nih.

 

Caranya: Sediakan baskom yang berisi air panas. Rendam kantong teh bekas tersebut ke dalamnya. Biarkan wajah kamu terkena uapnya. Ini akan membantu kamu mendapatkan wajah yang cerah bercahaya lhoo.

 

  1. Mengurangi kutil

Kandungan tanin pada teh dapat dimanfaatkan untuk mengurangi kutil pada kulit.

 

Caranya: Letakkan kantong teh bekas yang masih hangat pada area kutil selama 10-20 menit dan biarkan kering alami. Jika Anda rutin melakukan ini selama beberapa hari, kutil pun akan berkurang.

 

  1. Meringankan kulit terbakar

Caranya: Cukup kompres bagian kulit yang terbakar dengan kantung teh bekas ini. Cara ini juga efektif untuk meringankan bengkak akibat gigitan serangga.

 

  1. Meringankan gejala herpes

Gatal dan nyeri pada luka herpes, dapat kamu ringankan dengan alami, yaitu dengan memanfaatkan kantong teh bekas.

 

Caranya: Letakkan kantong teh diatas luka herpes secara rutin. Lama-lama, rasa gatal dan nyeri pada luka herpes akan berkurang.

 

  1. Menyamarkan mata panda

Caranya: Cara pertama, Letakkan 2 kantung teh bekas di dalam kulkas elama 30 menit, kemudian tempelkan di kelopak mata yang tertutup selama 15 menit. Lakukan secara rutin hingga 2x sehari. Cara kedua, keluarkan isi dari 2 kantung teh bekas ke dalam mangkuk kecil. Tambahkan 1-2 sendok teh madu, campurkan dengan sedikit perasan lemon. Oleskan di wajah dan sekitar mata. Tunggu 5-10 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Untuk hasil maksimal, gunakan masker wajah ini 1-2 kali seminggu.

 

  1. Menghaluskan dan menghilangkan bekas jerawat

Caranya: Keluarkan isi dari 2 kantung teh bekas ke dalam mangkuk kecil. Tambahkan 1 sendok makan madu dan tepung beras. Aduk merata dan siap dioleskan ke wajah. Biarkan selama 5 menit, bilas dengan air bersih.

 

Note: Apabila kamu mempunyai gangguan mata, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Jangan tempelkan kantong teh bekas saat masih panas, karena justru akan mengiritasi mata. Cuci tangan sebelum melakukan perawatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *