Yang Perlu Dilakukan Setelah Tahu Hamil

Yeayyy, kabar gembira. Alhamdulillah, hasil tes kehamilan menunjukkan dua garis, yang berarti positif hamil.

 

Setelah mengetahui jika dirimu hamil, lalu apa yang harus dilakukan? Apakah hanya berdiam diri saja? Tentu tidak dong! Kamu butuh menjaga kesehatan dan melakukan beberapa hal agar tumbuh kembang calon bayi dalam rahim mu optimal.

 

Berikut hal yang perlu dilakukan:

  • Bersyukur: Ini jadi hal pertama yang perlu dilakukan. Gimana tidak? Kamu dan suami telah menunggu hal ini setelah sekian lama penantian. Rasanya makin lengkap jika ucapan terima kasih pertama dihanturkan kepada Sang Maha Cipta.
  • Beritahu pasangan: Setiap wanita punya caranya sendiri untuk memberitahukan pasangan jika dirinya hamil. Ada yang langsung mengabarinya, ada juga yang dikemas sedemikian rupa dan diletakkan dalam kotak kado. Apapun dan bagaimanapun cara yang kamu lakukan untuk memberitahunya, tetap akan membuatnya bahagia kok.
  • Memilih dokter kandungan: Diskusikan bersama pasangan untuk hal ini. Penting pula untuk mempertimbangkan beberapa hal seperti, apakah dokter laki-laki/wanita, lokasi tempat praktek dan rumah sakit, biaya pemeriksaan yang dikeluarkan sepanjang kehamilan.
  • Pola makan: Untuk membantu tumbuh kembang janin, maka makanan yang kamu konsumsi, perlu diperhatikan. Makanan bergizi seimbang wajib jadi pilihan. Mengingat awal kehamilan merupakan tahap pembentukan organ-organ janin, maka konsumsilah makanan yang mengandung asam folat. Selain dari makanan, kamu dapat memperoleh asam folat dari suplemen yang diberikan dokter.
  • Ketahui riwayat kesehatan keluarga: Kamu perlu mengetahui riwayat kesehatan keluarga yang berhubungan dengan komplikasi kehamilan atau kelainan genetik. Riwayat kesehatan penting untuk mengetahui hal-hal apa saja yang dapat diturunkan di dalam keluarga dan melihat potensi masalah sepanjang kehamilan atau pada saat melahirkan nanti.
  • Tenangkan pikiran: Begitu mengetahui bahwa sedang hamil, mungkin ketakutan dan kecemasan terlintas dalam benak. Lakukanlah kegiatan yang menyenangkan. Ceritakan pula kepada pasangan untuk setiap kegalauan yang terjadi.
  • Bergabung dengan komunitas: Mencari informasi seputar kehamilan, kelahiran, juga membesarkan bayi, bisa menambah pengetahuanmu. Salah satunya, kamu bisa nih bergabung dengan komunitas parenting. Jadilah up to date dalam urusan kehamilan, kelahiran, persalinan, juga membesarkan anak.
  • Lebih hati-hati: Perubahan hormon, bukan tidak mungkin menyebabkan berkurangnya keseimbangan tubuh. Kemungkinan jatuh, tergelincir, atau terbentur menjadi meningkat. Berhati-hatilah. Kenakan alas kaki bertumit rendah agar kamu lebih praktis untuk bergerak.

 

Selain itu, hindari asap rokok, minuman beralkohol, makanan setengah matang, atau juga minuman berkafein. Perbanyaklah konsumsi air putih. Semoga kehamilan ini berjalan lancar dan menyenangkan. Selamat menjalani kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *